Selasa, 02 Oktober 2018

Indah Pada Waktunya

Rasa yang membelenggu selama berhari-hari itu membuat seseorang merasa tidak nyaman. Apalagi bila ia tidak tahu tentang apa yang dirasakannya saat itu. Setiap yang ia lakukan, apapun yang ia kerjakan, terasa hampa, hanya memberikan rasa lelah diujung penyelesaian. Sampai pada suatu hal yang membuat pikirannya terbuka, membuat mata hatinya terbuka. Ternyata selama ini memang ia yang salah. Kesalahan yang ada bukan karena apa yang ia lakukan. Tapi ia sadar, apa yang dilakukannya itu tidak ada tujuannya, tidak ada niat dan tekad yang sungguh-sungguh di dalamnya. Yang dilakukan sebatas menghilangkan rasa kekosongan, menghilangkan kegabutan yang menimbulkan rasa galau dan kesepian.

Sebuah kegiatan, apapun itu memang harus ada tujuannya, sehingga kita tahu apa manfaat yang kita peroleh dari tujuan itu. Saat merasa manfaat yang didapat akan luar biasa, maka muncullah niat dalam diri. bersungguh-sungguh dan penuh tekad untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan itu. Dan jalan untuk mendapatkan manfaatnya itu tidak akan selalu mudah. Semakin besar manfaat yang ingin didapatkan maka semakin besar pula rintangannya. Persiapan rencana yang matang, cara untuk mendapatkannya, semua hal yang berkaitan harus dipertimbangkan dengan baik, agar benar-benar dapat menggapai manfaatnya itu.

Rencana dan strategi yang disusun dengan sebaik mungkin serta usaha sampai merelakan hal-hal tidak penting, merelakan waktu untuk diri sendiri, besar kemungkinan untuk menggapai manfaat yang kita inginkan. Akan tetapi, sebaik apapun rencana yang dibuat, segigih apapun usaha yang kita lakukan, masih ada faktor lain yang diperlukan. Faktor ini terlihat sangat kecil, tapi sangat besar dampaknya, sepele dilakukan tapi tanpa-Nya semua akan sia-sia. Iya, berdoa, doa yang tulus kepada-Nya, agar dimudahkan segala urusan. Ikhlas melakukan semuanya untuk ibadah kepada-Nya. Melakukan semua berdasarkan pada hati, agar tidak tergelincir dalam melakukan. Saat melakukan semua kegiatan dengan tujuan yang baik dan mengharap ridho-Nya, maka InsyaAllah semua akan lancar. Namun apabila hasilnya tidak sesuai harapan, janganlah berkecil hati. Masih banyak jalan menuju Roma. Dia pasti mempunyai cara lain untuk membantu mewujudkan tujuan itu. Yang Dia ingin lihat adalah kesabaran, keikhlasan, dan kegigihan yang kita miliki. Seberapa gigih kita untuk mendapatkannya,rasa  tidak mudah menyerah itulah yang ingin Tuhan lihat. InsyaAllah, semua akan indah pada waktunya dan Dia-lah yang Maha Mengetahui segala hal yang tidak diketahui manusia, bahkan malaikat-malaikatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar