Sabtu, 08 Desember 2018

TENTUKAN TEMPAT FAVORITMU UNTUK NGOPI


Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka ragam makanan dan minuman, baik hasil alam maupun dari olahan industri. Banyaknya makanan dan minuman ini diolah dalam bentuk kemasan yang tahan lama ataupun yang dalam bentuk hidangan secara langsung. Sehingga, banyak sekali tempat makan seperti restoran atau cafĂ© yang menyediakan menu makanan dan minuman dengan keunggulan masing-masing dan menu yang berbeda-beda dan dengan harga yang bervariasi. Misalnya saja seperti coffee toffee dan angkringan kampoeng di Surabaya. Kali ini akan dijelaskan perbedaan dari kedua tempat ini. 
Coffee toffee merupakan kedai kopi yang menyediakan berbagai macam menu kopi dengan berbagai varian rasa. Kopi yang disajikan bermacam-macam, ada black coffee, cappuccino, espresso, latte, dan masih banyak menu lainnya. Minuman yang disajikan dapat berupa minuman hangat ataupun dingin, sesuai dengan selera masing-masing. Selain minuman adapula makanan, baik makanan ringan ataupun berat semua tersedia. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yakni mulai dari 19.500 sampai 50.000. Pengunjung yang datang dapat memesan menu di bagian kasir dan untuk pembayarannya dapat dilakukan langsung ataupun nanti saat akan pulang. Selanjutnya mereka akan diberi nomor pesanan dan dipersilahkan menunggu pesanan datang ditempat duduk yang diinginkan. Proses menunggu pesanan tidak terlalu lama, kira-kira memerlukan waktu 15 menit. Selama menunggu pengunjung dapat menikmati lantunan musik yang ringan dan lembut. Selain itu tempatnya instagramable, cocok untuk para pemuda-pemudi yang hobi berfoto dan berbagi postingan di media sosialnya. Tempatnya sendiri terbagi menjadi dua lantai, bagian bawah merupakan tempat untuk memesan menu dan terdapat tempat lesehan di bagian depan dekat dengan pintu masuk, yangmana sangat cocok untuk belajar kelompok. Terdapat area bebas merokok di bagian belakang dan bagian teras lantai dua. Tatanan meja dan kursi yang menarik dan nyaman membuat pengunjung betah berlama-lama duduk dan menikmati makanan terutama rasa coffee-nya sangat cocok bagi penikmat kopi sejati. Menurut saya rasa dari black coffee yang saya pesan benar-benar khas dari aromanya, dan untuk rasanya pahit. Saya tidak bisa menggambarkan secara detail bagaimana karena saya adalah pemula penikmat kopi, jadi saya belum paham bagaimana kopi yang enak. Tidak hanya tatanan ruangan yang menarik dan suasana yang nyaman, pelayanannya yang sopan dan ramah membuat pengunjung merasa dihormati. Pada saat awal pertama kali saya datang semua mengucapkan selamat datang dan memberi senyum dan pada saat pulang semua mengucapkan terimakasih. Hal menarik lainnya adalah seragam pelayannya, berwarna kuning dan memakai celemek hitam. 
Ada pula tempat lain yang cocok dikunjungi anak muda untuk kalangan menengah kebawah dengan harga yang sangat terjangkau namun tempat yang menarik dan menghidangkan kopi adalah Angkringan kampoeng. Angkringan kampoeng ini menyajikan makanan dan minuman khas ala anak kampong seperti, getuk, rangin, ronde, gedang goring, steak pohong, dawet dan sate. Sedangkan kopinya terdapat berbagai macam jenis, yakni kopi arabika, robusta, kopi rempah, kopi susu dan lain-lain. Menu disajikan oleh pelayan pada saat pengunjung dating dan diletakkan pada sebuah telenan dengan range harga yang tertulis mulai dari 3000 sampai 10000. Desain tempat memang berbeda jauh dengan yang ada di coffee toffee, jika di angkringan lebih banyak tempat lesehannya, dan terdapat hiasan lampu-lampu berwarna kuning serta dinding berhiaskan mural dengan kata-kata jawa yang menarik. Bila di coffee toffee tersedia alunan musik, di angkringan disediakan hiburan dari layar televisi, pendingin ruangannya pun berasal dari kipas angin. 
Dari kedua tempat kedai kopi angkringan kampoeng dan coffee toffee memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di coffee toffee secara keseluruhan tempat dan pelayanannya sangat memuaskan, akan tetapi untuk harganya kurang bersahabat untuk mahasiswa. Sedangkan angkringan kampoeng untuk harganya sangat terjangkau bagi mahasiswa, terdapat wifi dan colokan gratis serta pelayanannya yang ramah, namun  memiliki banyak kekurangan yakni tempatnya yang kurang bersih, menu makanannya kurang banyak dan kurangnya pengawasan untuk area parkir.  
Mahasiswa dapat memilih tempat sesuai dengan keinginan dan isi dompet masing-masing. Untuk mahasiswa yang memiliki budjet banyak dan menyukai tempat yang tenang bisa mengunjungi coffee toffee. Sedangkan mahasiswa yang memiliki budjet yang pas-pasan namun ingin menikmati kopi sambil mengerjakan tugas dan memerlukan wifi dapat berkunjung ke angkringan kampoeng. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar